Gegara Kasus Sambo, Mahfud MD Diminta Jadi Kapolri, Masyarakat tak Percaya Polisi

gegara kasus sambo

TOPMETRO.NEWS – Gegara kasus Sambo (red, Irjen Ferdy Sambo), Mahfud MD diminta jadi Kapolri, masyarakat tidak percaya polisi.

Menko Polhukam Mahfud MD diminta jadi Kapolri gantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo bermula dari pernyataan anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman.

Benny K Harman pun mengungkap kekecewaannya lantara polisi sendiri yang menyampaikan informasi tidak benar dalam pembunuhan yang diotaki mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo itu.

Akibat pernyataan dari polisi sendiri itulah yang membuat masyarakat jadi tak percaya kepada Polri.

“Kita nggak percaya polisi. Polisi ngasih keterangan kita kepada publik. Publik kita ini ditipu juga kita ini kan, kita dibohongin,” tuturnya dalam rapat bersama di Komisi III, Senin (22/8/2022).

“Kita ini hanya membaca melalui medsos Pak Mahfud, dan keterangan resmi dari Mabes. Kita tanggapi ternyata salah, jadi publik dibohongi oleh polisi,” tambah Benny.

Karena itu, Benny meminta agar Jenderal Listyo Sigit Prabowo dinonaktifkan.

Selain itu, ia juga meminta Mahfud MD sebagai Menkopolhukam RI mengambil alih penanganan kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

“Maka mestinya, Kapolri diberhentikan sementara dan diambil alih oleh Menkopolhukam untuk menangani kasus ini, supaya obyektif dan transparan.” tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa menegaskan Komisi III tidak diam terkait kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

Dia menyatakan hasil rapat hari ini bersama Ketua Kompolnas, Ketua Komnas HAM dan Ketua LPSK akan disusun sebagai dasar fokus pendalaman saat rapat dengan Kapolri pada Rabu 24 Agustus mendatang.

Di rapat itu, nantinya Komisi III DPR RI akan mempertanyakan kondisi internal Polri yang sedang ‘sakit’.

Komisi III juga akan mempertanyakan sikap Kapolri terkait banyaknya perwira Polri yang terlibat dalam kasus pembunuhan oleh Ferdy Sambo itu.

Selain itu, juga akan ditanyakan tentang audit Satgasus Merah Putih yang sempat dipimpin Ferdy Sambo yang kini telah dibubarkan Kapolri.

“Komisi III DPR menunggu jawaban Kapolri,” pungkas Desmond.

BACA PULA | Viral Uang Rp900 M di Rumah Sambo, Sudah Terkonfirmasi

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, uang Rp900 miliar yang viral di media sosial sudah terkonfirmasi. Setidaknya itu disampaikan dalam laporan video presenter Kompas TV Aiman Witjaksono saat mendatangi rumah Irjen Ferdy Sambo. Video dimaksud lantas viral di TikTok.

Namun tersiar pula berita polisi sudah mengonfirmasi bahwa penemuan Rp900 miliar dimaksud adalah hoaks. Mana yang benar?

Sekadar diketahui, Aiman Witjaksono datang ke rumah Ferdy Sambo untuk menkonfirmasi isu penemuan uang Rp900 miliar yang disimpan di dalam bungker rumah Ferdy Sambo.

Dalam video itu tertulis narasi ‘Fantastis! Ditemukan Uang di Rumah Irjen Sambo, dari Mana?

sumber\foto | pojoksatu
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment